Rabu, 13 Juni 2012

Potensi Kota Cianjur






PELUANG DAN POTENSI BISNIS KOTA CIANJUR


Cianjur merupakan salah satu kota yang terletak di daerah Jawa Barat. Kota Cianjur sering dijuluki sebagai Kota Santri, Kota tauco, dan memiliki semboyan Gerbang Marhamah ( Gerakan Masyarakat berakhlakulkarimah ). Selain itu, Cianjur juga memiliki ciri khas dalam tradisi budaya, yaitu Ngaos ( Membaca Al-Quran ), Mamaos ( menyanyi / nyinden ) dan Maenpo ( Bela diri ). 

Mayoritas penduduk bermatapencaharian pada bidang pertanian. Hal tersebut ditunjang dengan kondisi alam yang subur makmur. Dengan lahan yang subur, lautan yang luas, hutan yang masih asri, serta pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, membuat Cianjur menjadi kota yang berpotensi untuk dikembangkan. Petumbuhan yang terjadi sangat pesat yang berpusat di daerah perkotaan. Kemudian dari segi sumberdaya manusia yang ada, masyarakat Cianjur memiliki banyak keterampilan yang sangat potensial yang nantinya akan menunjang dalam segala aspek kehidupan masyarakat itu sendiri.

Deskripsi potensi dan yang ada di Daerah
Potensi yang ada di daerah Cianjur antara lain pada bidang pertanian (khususnya sayuran), peternakan (khususnya Ayam Pelung), dan Makanan/jajanan berupa cemilan seperti manisan dan asinan. Produk-produk tersebut berasal dari kekayaan alam khas yang berada di daerah Cianjur. Produk tersebut merupakan produk yang potensial untuk dikembangkan dan disukai oleh konsumen, baik konsumen dalam maupun luar negeri. Dengan kekayaan alam dan sumberdaya yang terampil dibidangnya, maka produk tersebut sangat menunjang bagi kehidupan masyarakat setempat. Pada bidang pertanian, Kota Cianjur memiliki luas lahan pertanian yang sangat memadai dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi, juga didukung iklim yang cocok. Sehingga pengembangan bidang pertanian sangat dibutuhkan produk yang menjadi andalan adalah sayuran dan tanaman palawija.
            Dibidang peternakan, Ayam Pelung merupakan ternak piaraan khas yang asli berasal dari Cianjur. Ayam Pelung merupakan jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh besar dan juga memiliki suara yang indah ( biasa dipakai kontes). Dengan produktivitas dan kualitas yang baik, maka ayam pelung tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan. Selain Ayam Pelung, unggas lain seperti ayam petelur merupakan jenis ternak yang sangat produktif. Di Cianjur terdapat beberapa perusahaan peternakan ayam petelur dalam skala besar (populasi diatas 100.000 ekor) yang tersebar di berbagai pelosok daerah. Ternak lain yang potensial adalah Sapi Perah. Sapi perah di Cianjur masih dalam tahap perkembangan, namun dari data yang didapat, daerah pegunungan Cianjur merupakan daerah yang cocok digunakan untuk peternakan Sapi Perah. Bahkan di salah satu daerah pegunungan sudah dikembangkan peternakan Sapi Perah dengan populasi ribuan ekor.
            Dibidang makanan/kuliner, Cianjur merupakan salah satu kota yang memiliki keanekaragaman makanan khas daerah yang enak dan unik. Contohnya ialah tauco, manisan dan asinan (buah atau sayur), aneka kerupuk dan tentunya beras pandanwangi yang rasanya enak dan gurih. Produk-produk tersebut berasal dari hasil kekayaan alam yang kemudian diolah menjadi berbagai macam produk olahan yang sangat potensial untuk dijual diluar daerah. Salah satu produk yang telah dikenal sampai  kemancanegara ialah tauco dan beras pandanwangi. Dengan keterampilan dan kemampuan memasarkan yang baik, maka produk tersebut sangat laris dipasaran dan potensial untuk dikembangkan.
             Berbagai macam bidang wirausaha tersebut menghasilkan produk-produk yang khas dan sangat potensial untuk dikembangkan. Jika diusahakan dengan serius dan didalami maka produk khas Cianjur merupakan jenis usaha yang sangat ideal dan menguntungkan.
           
a.       Deskripsi Peluang bisnis
Peluang bisnis yang ideal di Kabupaten Cianjur ialah bisnis produk yang berkaitan dengan barang konsumsi, contohnya ialah makanan. Hal tersebut dikarenakan di Cianjur merupakan kota yang sedang dalam tahapan perkembangan, serta sebagian besar penduduknya merupakan  masyarakat konsumtif yang suka dengan berbagai macam makanan. Selain itu masyarakat juga memiliki kebiasaan memiliki hewan yang digunakan sebagai piaraan, contohnya ialah Ayam pelung dan kelinci.
            Peluang bisnis tersebut dapat dicari langsung terhadap konsumen. Dalam hal wirausaha, Kabupaten Cianjur merupakan kota yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi dengan penyebaran yang tidak merata. Di pusat kota masyarakat hidup berhimpit-himpit, sedangkan dipelosok daerah masyarakat yang satu dengan yang lainnya memiliki jarak rumah yang cukup jauh. Dengan gambaran tersebut maka dapat diketahui bahwa masyarakat Cianjur merupakan tipe masyarakat yang sosialis dan dapat hidup berdampingan. Apabila dikaitkan dengan kegiatan bisnis, maka wirausaha merupakan pekerjaan yang tepat, sebab dari kondisi masyarakat tersebut dapat diketahui bahwa pasar sangat potensial. Dengan asumsi kebutuhan setiap orang berbeda, maka dapat disimpulkan dalam lingkup masyarakat terdapat berbagai macam peluang untuk mengisi kekosongan.
            Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis sangatlah terbuka lebar, sebab dengan berbisnis aspek kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi, misalnya bisnis aneka cemilan, maka dengan usaha tersebut setidaknya masyarakat akan menggunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sistem yang paling potensial dilakukan ialah dengan sistem penjualan ”mengambil untung sedikit”. Hal tersbut dapat diartikan dengan menjual suatu produk/jasa dengan mengambil untung yang tidak banyak, hal tersebut disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Sehingga jika dijual dengan harga yang relatif murah, maka konsumen dapat membeli dengan leluasa, serta produk/jasa tersebut dapat dibeli oleh semua kalangan. Apabila dikaji lebih dalam maka peluang bisnis di Kota Cianjur sangatlah besar, baik itu bisnis dibidang pertanian, peternakan, makanan/kuliner serta bidang lainya yang berdasar pada dayabeli dan tingkat sosial masyarakat.

DAFTAR PELUANG BISNIS DI KABUPATEN CIANJUR

NO
BIDANG BISNIS
PELUANG BISNIS

1

Peternakan
-   Budiadaya Ayam Pelung, sebagai bentuk ternak khas Cianjur
-   Budidaya ayam petelur, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan telur ayam untuk masyarakat
-   Budidaya ternak hias ( kelinci ), sebagai wujud pemenuhan kebutuhan ternak kesayangan/ hobi
-   Budidaya Sapi perah, sebagai wujud pemenuhan kebutuhan susu segar untuk masyarakat
2
Pertanian
-  Budidaya sayuran organik, menggunakan pupuk dan insteksida organik (berasal dari kotoran dan urin ternak)
-  Pengolahan sayuran menjadi sayuran dalam kemasan
3
Makanan/kuliner
-  Pengolahan aneka macam manisan dan asinan dari aneka sayuran dan buah, sebagai bentuk oleh-oleh makanan khas dari cianjur
-  Pembuatan aneka keripik dan krupuk dari berbagai macam jenis buah dan sayuran, dengan tujuan membuat cemilan yang sehat dan murah
4
Lainnya
-  Pembuatan kios oleh-oleh khas Cianjur

-  Pembuatan rumah makan olahan produk-produk khas Cianjur
-  Menjadi distributor/penyuplai berbagai macam produk khas Cianjur baik dalam negeri maupun luar negeri



Latar Belakang Pengambilan Peluang

            Latar belakang pemilihan usaha tersebut didasarkan pada tingkat kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Jadi bidang-bidang wirausaha tersebut ditujukan langsung terhadap problematika masyarakat, yang ditinjau melalui survei langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat. Macam usaha tersebut merupakan usaha yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat yang disertai dengan ketersediaan dari alam, sehingga hanya perlu melakukan penanganan dan pengolahan. Hal tersebut didasarkan pada kondisi lingkungan Kota Cianjur. Dilihat dari segi kekayaan alam, maka kekayaan alam Cianjur sangatlah beragam dan potensial. Jika dilihat dari segi sumberdaya manusia, maka setiap orang rata-rata memiliki suatu keterampilan khusus. Jadi peluang wirausaha sangatlah terbuka lebar.
            Dilihat dari segi persaingan, persaingan bidang usaha tersebut tidak terlalu ketat, sebab bidang-bidang tersebut jarang dilirik oleh sebagian orang, padahal disisi lain konsumen sangatlah potensial. Hal demikian berdampak pada sedikitnya kompetitor yang nantinya akan berdampak terhadap beberapa hal antara lain tingkat harga, dan ketersediaan produk/jasa yang diusahakan. Apabila persaingan tidak terlalu ketat maka otomatis keuntungan yang didapat akan lebih, asalkan memperhatikan kualitas dan kuantitas dari suatu produk yang dihasilkan.  Dengan manajemen dan sistem yang baik, maka usaha tersebut akan sangat menuntungkan.
            Dilain sisi, pemilihan produk-produk tersebut mengedepankan produk berbasis makanan, hal tersebut dikarenakan Cianjur merupakan kota yan memiliki cukup banyak objek wisaata, sehingga aneka makanan tersebut dapat digunaka sebagai makanan oleh-oleh khas Cianjur. Selain itu masayarakat Cianjur merupakan masyarakat yang bertipe konsumtif  dan memiliki tingkat konsumsi yang tinggi. Sedangkan dari sisi usaha peternakan ( budidaya) dilakukan dengan alasan bahwa di Cianjur pemenuhan kebutuhan makanan yg bergizi ( telur dan susu) masih kurang, sehingga pasaran dari budidaya ayam petelur dan sapi perah sudah cukup jelas. Budidaya ayam pelung dan kelinci merupakan jenis budidaya yang ditujukan sebagai hewan kesayangan dan sasarannya adalah komunitas dan pecinta hewan tersabut, yang ditunjang dengan kekayaan alam sekitar.


Itulaah sedikit informasi tentang potensi kota kelahiran saya, semoga bagi teman- temang yang belum mengetahui kondisi dan potensi yang ada, setelah membaca tulisan ini menjadi lebih paham tentang sebuh kota yang indah, yaitu Kabupaten Cianjur :).

2 komentar: