Sabtu, 09 Juni 2012

MULAI BETERNAK KELINCI!!!
Part 1 ( Kelinci secara umum )

Kelinci merupakan salah satu hewan yang biasa digunakan sebagi hewan kesayangan/piaraan. Hal tersebut memang sesuai dengan bentik tubuh kelinci yang lucu dan imut. akan tetapi semakin bergesernya pola hidup masyarakat yang disertai peningkatan kebuthan masyarakat, kini kelinci telah beralih fungsi. selain digunakan sebagai ternak kesayangan, kini kelinci telah diarahkan sebagai salahsatu jenis aneka ternak yang digunakan sebagai penghasil daging

Hakikatnya kelinci dipelihara dengan serius sesuai dengan tujuan produksinya, baik itu untuk tujuan produksi daging ( Potong ) ataupun untuk tujuan sebagai hiasan. Kelinci memiliki jenis yang beranekaragam. Jika dikualifikasi berdasarkan ukuran badan maka terbagi menjadi tiga jeinis yaitu:
1. Kelinci ukuran kecil  dengan bobot badan < 1 Kg
2. Kelinci ukuran sedang dengan bobot badan 2 -3 Kg
3. Kelinci ukuran besar dengan bobot badan > 4 kg
Berdasarkan kualifikasi tersebut tentunya ukurannya sangat beragam dan disesuaikan dengan jenis kelinci itu sendiri. kelinci ukuran kecil merupakan kelinci yang cenderung digunakan untuk tujuan hias dan kelinci ukuran besar cenderung digunakan sebagai kelinci penghasil daging, Namun ukuran kriteria tubuh tidak dapat digunakan sebagai suatu patokan, sebab terkadang ukuran badan tidak menentukan kualitas kelinci itu sendiri.

Apabila dilihat dari jenis dan tujuan pemeliharaan kelinci, maka dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :
1. Kelinci Pedaging
Kelinci pedaging merupakan kelinci yang digunakan sebagai ternak yang dikhususkan untuk tujuan menghasilkan daging. Pada dasarnya kelinci pedaging merupakan kelinci yang memiliki ukuran dan bobot badan yang besar. Jika dikaji lebih dalam, genetik dari kelinci pedaging tersebut memang sudah memiliki gen yang memiliki ukuran tubuh besar serta memiliki bobot karkas tinggi, yang ditandai dengan ukuran perlemakan dan jumlah daging yang besar.  beda halnya dengan jenis kelinci lain, kelinci pedaging tidak memiliki suatu daya tarik, selain ukuran tubuh yang berar. Kelinci yang biasa dipelihara sebagai penghasil daging merupakan kelinci jenis yang memiliki bobot badan > 4 Kg. Di Indonesia pada umumnya jenis yang sering dipeliharan antaralain : New Zealand, Flamish Giant, dan jenis lain yang berasal dari persilangan antara kelinci lokal dengan kelinci impor.

2. Kelinci Hias
Kelinci hias mereupakan kelinci yang memiliki dayatarik atau kelebihan. singkat kata, kelinci tersebut cantik dan enak untuk dipandang. kelinci hias cenderung lucu dan menggemaskan. sebagian besar pecinta kelinci, memelihara kelincinya dengan penuh kasihsayang hanya untuk tujuan hobi / kesukaan. di kota - kota besar, memelihara kelinci telah menjadi trend tersendiri.
Kelinci hias cenderung memiliki sifat yang manja serta lebih sensitif tehadap suatu gangguan, baik itu gangguan dari dalam ataupun gangguan dari luar ( Lingkungan ). Kelinci hias harus mendapatkan perawatan yang optimal dan maksimal, sebabi kelinci hias lebih sensitif, contohnya ialah pemberian pakan, penyisiran ( Untuk jenis berbulu panjang ), dan kondisi lingkungan sekitar. sehingga keadaan kelinci hias harus dijaga sedemikian rupa agar kelinci merasa nyaman dan berimbas pada produktifitas yang baik.


Akan tertapi hal tersebut jangan dijadikan suatu alasan untuk mebedakan ( menganak tirikan ) perawatan antara kelinci hias dan kelinci pedaging, semua jenis kelinci harus mendapatkan perawatan yang optimal yang disesuaikan dengan kebutuhan produksinya masing - masing.

Itulah pengenalan mengenai hewan lucu bernama kelinci. dengan tujuan dan manfaat yandg dapat diberikan kelinci, maka seyogyanya kelinci tersebut dipelihara dengan baik yang didasarkan pada kasih sayang.berbagai manfaat diberikan oleh kelinci, selain manfaat tersebut kelinci juga memiliki berbagai manfaat, antaralain : menghasilkan pupuk ( feses dan urine ) serta sebagai penghasil bulu dan wool pada jenis kelinci hias ( berasal dari bulu yang tidak digunakan ).

 FAKTA :
Kelinci digunakan sebagai lambang playboy. Mengapa demikian???
Karena sang pejantan dianggap mampu mengawini banyak ternak betina dengan segala pesonanya
Padahal nyatanya, ternak betinalah yang justru minta dikawini
Hal tersebut dikarenakan kelinci betina memiliki sifat tutorial, yang tidak suka diganggu oleh kelinci lain
Akan tetapi kelinci betina cenderung biasa mendatangi sang pejantan
Apa kelinci masih layak d lambangkan sebagai playboy???

Itulah sedikit cerita yang dapat saya bagi, tunggu cerita selanjutnya mengaenai kelinci juga dengan trema....
:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar